Sabtu, 17 November 2012

Pelantikan Pengurus Formaca dan Kuliah Umum

Pengurus Forum Mahasiswa Pascasarjana (Formaca) Periode 2012/2013 akhirnya dilantik secara resmi pada Kamis (1/11) lalu. Prosesi yang dilaksanakan di Aula Lembaga Pengambangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Jawa Barat ini terlaksana dengan khidmat meski belum dapat dihadiri oleh seluruh mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dengan dilantiknya pengurus Formaca yang mengusung motto "Good Somethings for the Best Everything" ini, kegiatan kemahasiswaan PPs UIN SGD Bandung dapat kembali aktif, setelah pada periode sebelumnya sempat vakum. "Insya Allah kami siap mengemban amanat ini, satu periode kedepan akan kami manfaatkan untuk menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan sebagai penunjang perkuliahan" tutur Eggy Armand, Ketua Formaca Periode 2012/2013.

Hadir melantik secara langsung, Dr. H. Dindin Djamaluddin, M.Ag. selaku Asisten Direktur III PPs UIN SGD Bandung mewakili Bapak Direktur yang masih melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. "Salam dari Bapak Direktur yang masih di Tanah Suci, beliau mengucapkan selamat atas dilantiknya para Pengurus Formaca Periode 2012/2013" ujar H. Dindin dalam sambutannya.

"Kita punya cita-cita agar Formaca dapat mengambil fokus dalam kegiatannya, terutama pada bidang penelitian, karena yang kita harapkan para mahasiswa PPs UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat memberikan kontribusi berkualitas dari hasil penelitiannya" jelas dosen yang mengenyam pendidikan S.1 sampai S.3 di UIN SGD Bandung ini. "Alasan kami, dari pimpinan PPs UIN SGD Bandung menekankan pada penelitian, karna dari ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi, di Indonesia bidang penelitian masih kurang mendapat perhatian. Sehingga kami sangat berharap Formaca hari ini bisa punya karya besar dalam bidang penelitian" tambahnya.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan tema "Metodologi Penelitian : Sebuah Teori dan Praktik dalam Membangun Disiplin Ilmiah" yang disampaikan oleh Dr. Yadi Janwari, M.A. "Sebagai langkah awal dari kinerja kami, maka tema seputar penelitian menjadi fokus kami pada kuliah umum kali ini" tutur Ilin Solehudin selaku moderator yang juga merupakan Sekretaris Formaca.

Dalam kuliah umumnya, Dr. Yadi menekankan pada pentingnya kegiatan penelitian bagi mahasiswa. "Sebagai implementasi dari Surat Edaran Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012, maka kita sebagai mahasiswa harus mulai melaksanakan penelitan dan dimuat di jurnal ilmiah, dari sekarang budaya meneliti itu kita biasakan" ujarnya. (red.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar